Translate

Senin, 30 Juni 2014

Perbedaan Antara Penyu Dengan Kura-Kura

Saya sering sekali ditanya sama orang ketika melakukan pengenalan penyu ke masyarakat. Mereka tanya "apa sih perbedaan kura-kura dengan penyu?". Berikut adalah info yang akan membantu kawan-kawan mengetahui perbedaan kura-kura dengan penyu:
* Kaki : Kura-kura bentuk kakinya seperti gajah, kura-kura air tawar memiliki cakar seperti cakar kucing meskipun ada selaput renangnya... tetapi untuk penyu bentuk kakinya seperti dayung. Kaki dayung ini disebut flipper.
* Habitat: Kura-kura darat hanya menghabiskan waktu di darat, dan hanya pergi ke air untuk minum atau mandi. Ada kasus kura-kura mati karena terseret arus sungai. Seringkali kura-kura tinggal di daerah gersang. Sementara semenjak tukik meninggalkan pantai, tukik yang telah dewasa akan menghabiskan hidupnya di laut dan hanya mendarat untuk bertelur. Ada kasus kecil penyu sisik mendarat untuk berjemur.
* Diet: Kura-kura darat adalah herbivora (pemakan tetumbuhan), sementara kura-kura air tawar dan penyu adalah ominvora (pemakan segala).
* Mobilitas: Kura-kura darat dan kura-kura air tawar cenderung berdiam di suatu daerah. Sementara penyu melakukan migrasi lintas negara/ samudra.
Pertahanan: Normalnya kura-kura akan bersembunyi kedalam tempurungnya dengan menarik kaki-kaki dan kepalanya ke dalam tempurung. Penyu tidak bisa melakukan hal itu. Jika penyu terancam dia akan berenang menjauh.

Kura-kura darat
Kura-kura dapat menarik kepala dan kaki-kakinya kedalam karapasnya sebagai tindakan untuk melindungi diri

Penyu tidak dapat memasukan kepala dan "flipper" atau tangan dayungnya ke dalam badannya sehingga apa bila dalam keadaan terancam maka penyu akan berenang menjauh.

Flipper atau tangan dayung penyu sebenarnya juga memiliki tulang-tulang jari, namun proses evolusi selama jutaan tahun telah membuat tangan penyu berevolusi menjadi tangan dayung 
(foto : faimanstudios.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar